Senin, Oktober 25

Sejarah Patamborbe Siborongborong

Siborongborong adalah merupakan Ibu Kecamatan Siborongborong yang berada dalam Kab. Tapanuli Utara. Kec. Siborongborong terkenal dengan komoditi tanaman Plawija, antara lain : Kebun Kopi, Kebun Sayur-mayur.
Kota Siborongborong berada pada ketinggian -+ 3250 Km diatas permukaan laut dan mempunyai desa sebanyak 19 Desa dan 1 Kelurahan.
Dan Populasi penduduk mayoritas dihuni oleh Marga Sihombing yaitu : Sihombing Lumbantoruan, Sihombing Silaban, Sihombing Nababan dan Sihombing HUtasoit. Marga sibagotni pohan lumayan juga.
Marga Manurung khususnya dan Narasaon umumnya sangat minim tinggal di Siborongborong. Seperti Pomparan Raja Mangarerak yakni Toga Manurung Boru,Bere dan Ibebere ( PATAMBORBE ) sebanyak 42 KK yang sudah terdaftar dalam wadah PATAMBORBE. Sementara punguan Sitorus kurang lebih 25 KK sudah termasuk boru bere dan ibebere, Punguan Sirait hanya 15 KK juga sudah termasuk boru bere dan ibebere, sementara Punguan Butar-butar belum ada karena Populasi Marga Butar-butar hanya 3 KK.

PATAMBORBE

Parsadaan Toga Manurung Boru-Bere dohot Ibebere ( PATAMBORBE ) Kec. Siborongborong didirikan pd tanggal 14 April 1992 oleh GR. Jemaat HKBP kota siborongborong yang pada waktu itu kebetulan Marga Manurung, maaf kami tidak ada data tentang Nama Gr. Jemaat ini. Pada waktu anggota punguan masih 12 KK. Menurut informasi pd tahun 1995 Gr.Jemaat ini pindah ke P.Siantar dikarenakan oleh pergolakan HKBP.

Tahun 1996 tepat bulan Januari Kami dipindahkan dari Bandaaceh ke Siborongborong dan saat itu kami langsung masuk punguan, karena sewaktu diaceh ( Banda Aceh ) kami aktif selaku ketua Patambor  Banda Aceh. Dan saat itu PATAMBORBE  Siborongborong di Ketua oleh  D.Manurung ( Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Siborongborong ).

Pada waktu itu Ketua D. Manurung lagi kurang sehat sehingga kurang aktif dalam Punguan, daripada Punguan Passif atau tidak ada aktivitas, ketua Patamborbe beralih secara alami kedalam ke Pemimpinan Kami sampai tahun 2006. Kemudian karena sudah terlalu sibuk, pada tahun 2006 diangkatlah ketua Baru yaitu B.Manurung ( A.Desy ) masa bhakti 4 tahun ( sampai dengan thn 2010 ). Bulan Juni tahun 2010 diadakan lagi pemilihan ketua dan kepengurusan PATAMBORBE, dan B.Manurung ( A.Desy ) terpilih secara aklamasi sampai dengan sekarang, dengan susunan kepengurusan sbb:
Ketua : B.Manurung ( A.Desy )
Wkl Ketua I : A.Friska Manurung ( guru SMA Neg 2 Siborongborong )
Wkl Ketua II: A.Steven Manurung ( Bengkel DinamoManru )
Sekretaris : A. Harapan Hutasoit ( Wartawan Metro Tapanuli )
Bendahara : Nai Frengki Sianturi Br.Sirait

Penasehat : W. Manurung ( A.Netta )

Selama 14 tahun Kami Manambori Punguan ini, sangat banyak suka dan duka citanya. Punguan ini terkadang hidup segan mati tak mau, hal ini mungkin disebabkan dikarenakan tidak ada kekompakan diantara anggota atau mungkin saja kami selaku yang pernah menjadi ketua tidak becus mengurusi Punguan ini.

Hal ini sangat kami sadari, Merk Sipolinpolin itu sudah mulai luntur ditelan oleh kemajuan-kemajuan yang disalahartikan sebagian anggota. Ini bisa kami lihat pada saat Suka dan Duka yang ada di anggota, tidak pernah kompak biarpun kejadian di Kota Siborongborong sendiri. Yang sangat memprihatinkan lagi dimana pada saat partangiangan setiap minggu ketiga setiap bulannya kehadiran Bapak-bapak sangat minim terkadang 2, 3, 4 Orang saja.

Kepada Dongan Tubu, Boru-Bere dan Ibebere yang membaca Blog ini baik itu anggota langsung, maupun seluruh dunia tolong pencerahannya. Kami sangat menunggu saran dan nasehat nya. Terimakasih.

Ditulis oleh : W. Manurung ( A.Netta )

Tidak ada komentar: